Istilah Bahasa Kekinian dari Pengguna Twitter

Istilah Bahasa Kekinian dari Pengguna Twitter – Twitter merupakan salah satu media sosial yang paling sering digunakan. Ada beberapa layanan fitur yang disediakan bagi pengguna seperti mengirim dan menerima pesan baik pesan teks, video, foto, maupun tautan. Selain itu, Twitter juga menyediakan layanan tagar yang sedang trending dalam jangkauan daerah sekitar atau berdasarkan orang-orang yang diikuti. Sebagai salah satu platform media terbesar, banyak pengguna Twitter yang saling berinteraksi satu sama lain. Interaksi ini yang kemudian melahirkan beberapa istilah yang terkenal dan dipahami oleh sesama pengguna Twitter. Istilah tersebut bisa berupa singkatan yang diambil dari bahasa inggris maupun bahasa Indonesia. Sehingga, ada beberapa istilah yang merupakan istilah non baku. Apa saja istilah tersebut?

Salah satu istilah yang sering digunakan adalah CMIIW atau Correct Me If I’m Wrong. Istilah ini sering digunakan oleh pengguna twitter ketika mereka menuliskan sebuah cuitan. Pengguna Twitter menuliskan CMIIW artinya mereka ingin meminta netizen dan pengguna Twitter yang lain untuk memberikan informasi jika apa yang mereka tulis adalah sesuatu yang salah. Biasanya, pengguna Twitter menuliskan CMIIW ketika cuitan mereka berupa hal yang cukup sensitif untuk dibahas. Istilah lain yang sering digunakan adalah kata “Nder”. Kata ini merupakan potongan kata dalam bahasa Inggris yang berupa Sender atau pengirim. Kata “Nder” merujuk pada pengirim cuitan dari sebuah akun Twitter. Biasanya, pengguna Twitter menyebut kata “Nder” dikarenakan tidak mengenal pengirim cuitan saat mereka ingin membalas pesan dari cuitan yang dikirimkan oleh sender.

Twitter menyediakan kapasitas maksimal karakter dalam setiap cuitan sebesar 280 karakter. Oleh karena itu, untuk membuat satu postingan dengan paragraf panjang, dibutuhkan beberapa cuitan. Agar pengguna Twitter lain dapat membaca cuitan tersebut secara urut, dibuatlah istilah thread yang berarti urutan. Istilah ini mengacu pada beberapa cuitan yang disajikan secara berurutan. Pembaca dapat membaca cuitan dari paling atas hingga yang paling terbaru. Hal ini tentu saja membantu pembaca agar dapat memahami makna cuitan secara urut dan utuh. Istilah lain yang sering digunakan oleh para pengguna Twitter adalah SJW yang merupakan singkatan dari Social Justice Warrior atau Pejuang Keadilan Sosial. Istilah SJW digunakan oleh para pengguna Twitter ketika mereka memposting sebuh cuitan yang berisi pembelaan terhadap suatu keadaan yang kurang adil. Biasanya mereka juga mengikusertakan tagar yang berisi pesan. Sehingga, topik tersebut menjadi viral dan diketahui oleh masyarakat luas.

Istilah lain yang juga diambil dari singkatan bahasa Inggris adalah OOT yang merupakan singkatan dari Out of Topic yang berarti keluar dari topik yang dibicarakan. Istilah ini biasanya dipakai ketika seorang pengguna Twitter mengajukan pertanyaan yang tidak ada hubungannya dengan topik yang dibahas pada sebuah thread tertentu. Oleh karena itu, mereka meminta pemakluman dengan mengatakan OOT atas pertanyaan yang mereka ajukan. Istilah lain yang sering digunakan oleh pengguna Twitter khususnya dari Indonesia adalah Teh Tumpah. Istilah ini berasal dari ungkapan bahasa Inggris yaitu Spill The Tea yang artinya adalah menumpahkan teh atau bisa dipahami sebagai ungkapan membocorkan rahasia. Istilah teh tumpah digunakan saat sebuah cuitan berisi kode dan petunjuk berkaitan dengan sebuah rahasia besar. Pengguna Twiter yang lain yang ingin tahu biasanya meminta sender untuk melakukan teh tumpah yang artinya tak lain adalah membuka rahasia dari kode pada cuitan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *